Senin, 23 Mei 2011

Tugas AOK

1. DATA FORMAT

Data yaitu himpunan fakta mentah yang dapat di simpan dalam memori menurut format tertentu. Data tersebut bisa berupa angka, karakter, simbol, gambar, tulisan, suara yang mempresentasikan keadaan sebenarnya yang selanjutnya digunakan sebagai masukan suatu sistem informasi.

Sedangkan data format dapat di artikan sebagai suatu organisasi informasi yang sesuai dengan spesifikasi preset yang biasa di gunakan dalam pemrosesan komputer.

Ada beberapa istilah dalam teknologi informasi mengenai format data, di antaranya yaitu:

a. Jenis Data, sebuah kendala yang di tempatkan pada interpretasi data dalam suatu sistem tipe.
b. Sinyal pada teknik listrik, yaitu sebuah format untuk data sinyal yang di gunakan dalam pemprosesan sinyal.
c. Merekam format, format yang di gunakan dalam data encoding untuk penyimpanan pada media penyimpanan.
d. File Format, sebuah format untuk data pengkodean yang di gunakan pada penyimpanan file komputer.
e. Container format (Digital), Sebuah format untuk data pengkodean yang di gunakan pada media penyimpanan dengan cara standar audio atau video codec format file.

Isi format merupakan suatu format untuk mengkonversi data untuk informasi, di antaranya :

a. Audio format, format untuk pengolahan data audio
Misalkan jenis format file Audio diantaranya: Wave, Mp3, MPEG, Amr dan GSM.

b. Video format, format untuk pengolahan data video
Misalkan jenis format file Video diantaranya: AVI, WMV, dan DVD

c. Image format, format untuk pengolahan data gambar
Misalkan jenis format file Gambar diantaranya: JPEG, BMP, PNG, PCX, dan TIFF


PANDUAN MATLAB EDITING AUDIO
1. masuk pada aplikasi matlab, kemudian Aktifkan menu editor
2. Klik New M-File untuk membuka editor kosong

A. Membuat Bunyi Sirene

Pertama kita akan coba membuat bunyi sirene, ketikkan koding berikut pada editor.

%File Name:SIRINE.m
%Oleh: RICKY DTI200805
fs=8000; % sampling rate
dt=1/fs; % sampling period
dur=2.8;
t=0:dt:dur;
psi=2*pi*(100 + 200*t + 500*t.*t);
xx= 7.7*sin(psi);
sound(xx,fs);



Dengan mengkreasikan fs (sampling rate) dan dt (sampling period) maka akan jadi suara tembakan mainan. Untuk informasi semakin sedikit fs-nya maka akan semakin pelan audionya dan sebaliknya. Untuk menyisipkan komen kita ketikan %. Jadi % yang diatas tidak masuk dalam kategori koding.
fs=10000;
dt=10/fs;

lalu kita rubah lagi dengan mengubah fs dan dt, untuk merubah menjadi suara klik mouse
fs=50000;
dt=1000/fs;

Semakin banyak kita berkreasi suara yang dihasilkan tentunya akan bermacam-macam. Contoh diatas adalah contoh sebagian kecil jika kita merubah koding yang lain tentunya akan beraneka ragam pula hasilnya.


B. BUNYI TELEPON

Fs=8000; t=0:0.001:1.5;
y1=sin(2*pi*852*t)+sin(2*pi*1209*t);
y2=sin(2*pi*770*t)+sin(2*pi*1477*t);
y3=sin(2*pi*770*t)+sin(2*pi*1477*t);
y4=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1209*t);
y5=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1336*t);
y6=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1209*t);
y7=sin(2*pi*941*t)+sin(2*pi*1477*t);
wavplay(y1,Fs)
wavplay(y2,Fs)
wavplay(y3,Fs)
wavplay(y4,Fs)
wavplay(y5,Fs)
wavplay(y6,Fs)
wavplay(y7,Fs)


jika kita UBAH Fs=16000; maka akan menghasilkan bunyi telepon yang lebih nyaring. Lalu kita coba mengubah Fs=5000; maka bunyi yang dihasilkan akan lebih pelan.


2. Memanggil contoh suara yang ada di Matlab

clear all;
load chirp %memanggil audio data (MAT files).
sound(y,Fs)

maka hasilnya adalah kicauan burung, chirp itu bisa anda ubah dengan kata gong(hasilnya bunyi gong), splat (bunyi benda jatuh), laughter (bunyi orang tertawa), train (bunyi kereta). Library file sound ini tersimpan di C:\Program Files\MATLAB\R2008b\toolbox\matlab\audiovideo



3. MENCIPTAKAN KREASI BUNYI DAN MEMBUAT PLOT

fs = 8100; % sampling rate
T = 8/fs; % sampling period
t = [0:T:0.80]; % time vector (panjang waktu)

f1 = 48; % frequency in Hertz (frekuensi)
omega1 = 2*pi*f1; % angular frequency in radians

phi = 2*pi*0.90; % arbitrary phase offset = 3/4 cycle
x1 = cos(omega1*t + phi); % sinusoidal signal, amplitude = 1

plot(t, x1); % plot the signal
xlabel('Time (seconds)');
ylabel('x1');
title('Simple Sinusoid');

sound(90*x1, fs); % play the signal; MENENTUKAN HASIL SUARA, SEMAKIN BESAR ANGKA UNTUK MEMAINKANNYA, SEMAKIN LAMA & NYARING BUNYI YANG DIHASILKAN.

Tugas OOP

Polymorshim,

Polymorshim adalah suatu object dapat memiliki berbagai bentuk, sebagai object dari class sendiri atau object dari class metode induk (superclass)

- Overloading : penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda (beda parameter)

- Overriding : terjadi ketika deklarasi method subclass dengan nama dan parameter yang sama dengan method dari superclassnya.

Berikut adalah contoh program Polymorphism pada Java:

* class CetakTipeData
{

// membuat method dengan nama sama tapi berbeda tipe data
public void CetakData(String Cetak) {
System.out.println(Cetak);
}
public void CetakData(int Cetak) {
System.out.println(Cetak);
}
public void CetakData(char Cetak) {
System.out.println(Cetak);
}
public void CetakData(double Cetak) {
System.out.println(Cetak);
}
}

* public class Data {

public static void main(String[] args) {
CetakDataTipe data = new CetakDataTipe();
System.out.println("Membuat Method Dengan Nama Sama Tapi Berbeda Tipe Data ");
System.out.println("*******************************************************");
System.out.print ("Cetak Data Tipe String : ");
data.CetakData ("RICKY ZHUBIKA");

System.out.print ("Cetak Data Tipe Integer : ");
data.CetakData (1989);

System.out.print ("Cetak Data Tipe Char : ");
data.CetakData ("NOVEMBER");

System.out.print ("Cetak Data Tipe Double : ");
data.CetakData (22 / 2);

System.out.println("*******************************************************");
}
}

NAMA RICKY ZHUBIKA
NIM DTI200805
DOSEN JATMIKO INDRIYANTO M.kom